Investasi Bersama Punyabersama.id

Satu lagi start up equity crowdfunding bernama Punyabersama.id memasuki pasar Indonesia. Sebagai orang yang belum punya usaha sendiri otomatis seneng lah ya bertambah satu lagi perusahaan rintisan yang bikin orang nganggur bekerja dan orang bekerja jadi punya usaha. Yep, dari websitenya yang launching sekitar bulan Januari lalu, I would say this is the super mini version of BEI where we can ‘own’ a business by buying its shares. Super cocok bagi yang masih ragu-males-alergi sama yang namanya bursa saham bisa langsung cek websitenya yang saat ini sudah mempunyai banyak proyek bisnis untuk didanai. Seperti proyek minimarket, gerai makanan, barbershop, SPBU, dan hotel. Surprisingly, there are already some projects that has reached total investment needed. Start up ini bener-bener membantu mempertemukan sebuah ide usaha dengan para pemodal. Kuece lah.

Salah satu proyek bisnis yang sudah mencapai total investasi yang dibutuhkan adalah Roti John Resep Peranakan yang berada di AKR Tower, salah duanya Tahu Kriuk Yes Jakarta, dan beberapa proyek minimarket. Namun perkembangan selanjutnya entah bisnis tersebut sudah berjalan atau belum saya ngga punya akses informasi di websitenya. Kecuali gerai minimarketnya merupakan minimarket yang sudah beroperasi di mana kepemilikannya akan dialihkan kepada investor baru melalui Punyabersama.id dengan nilai sekitar 5 sampai 7 jutaan per slot. Mirip transaksi saham di BEI yang kepemilikan sahamnya diwakili oleh satuan lembar atau lot. Sungguh terasa jauh panggang dari api kalau bisanya nyicil lembar demi lembar gocapan buat beli bisnis minimarket yang belum tentu mampu bertahan di tengah gempuran belanja online. Dan lagi, minimarket-minimarket tersebut merupakan perusahaan go publik, ya tinggal klik buy aja AMRT udah otomatis punya minimarketnya se-Indonesia (hmmm…sarkas ini sarkas!). Sebaliknya, in my honest opinion, bisnis semacam Roti John Resep Peranakan dengan biaya investasi hanya sebesar 58 juta cukup menarik untuk ditilik. Harga penawaran slotnya pun hanya 195 ribu per slot dengan total 300 slot. Bahkan di dalam proposalnya disediakan laporan keuangan dari cabang yang sudah beroperasi di beberapa kota. Cukup menggiurkan ketika kita dihadapkan pada net profit margin bisa sampai 60%. CKCKCK. Yang bikin start up siapa sih ini woii!

Kalau gini sih, UMKM yang direncanakan bisa listing di BEI punya pilihan listing di tempat lain seperti Punyabersama.id dongg!! Lalu pertanyaan selanjutnya aman ngga nih? Tergantung. Semuanya serba tergantung meskipun sudah ada cap OJK. Lha investasi di BEI aja uang bisa raib. We may be optimistic, still, buy on arithmetic… mirip quote siapa ya :’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *