Riba (?)

Sudah yakin jual-beli saham ngga haram, terus banyak perusahaan di bidang perbankan yang selalu bertumbuh kinerjanya, kan perusahaan ribaaa KATANYA? Tapi bener-bener oke punya. Galau??? Ditambah ada aja teman yang memutuskan keluar kerja dari bank gara-gara perkara ribanya itu. Euhh!

Have you ever imagined the world without a banking system? Kegiatan ekonomi akan berjalan sangat sangat lambat. Indofood akan perlu waktu yang lebih panjang untuk membangun pabrik baru sehingga permintaan produk yang tinggi tidak bisa dipenuhi. Otomatis kesempatan membuka lapangan pekerjaan baru akan tertunda karena menunggu perusahaan memiliki kas yang cukup untuk melakukan ekspansi besar-besaran. Can you wait that long? Sementara angkatan kerja setiap tahun bertambah.

Never stuck with the term of riba, riba yang ternista itu tidak lain merupakan imbalan kerja alias keuntungan yang didapat institusi perbankan dari usaha menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya kepada debitur yang layak menerima pinjaman. Lagian ya, mana ada sih usaha yang ngga ambil riba, eh untung? Bayar gaji karyawan, bayar listrik kantor siapa dong?

To understand how the banking business collects money and provides loans is reflected in its financial statement. Di sana juga tersaji gambaran seberapa besar pinjaman perusahaan besar dan UMKM yang bergantung pada institusi perbankan untuk mengembangkan bisnis dan ekonomi. Bahkan lebih jauh kita bisa melihat seberapa besar manfaat atau keuntungan yang dihasilkan dari kegiatan perusahaan yang dibiayai bank dengan cara yang sama, yakni membaca laporan keuangan maupun laporan tahunan perusahaan tersebut. So, start to read financial statement if you really want to make sure yourself about the advantages of RIBA. That will be not easy but a real pleasure to do. Yep, kesenangan menemukan bahwa halal haram adalah soal seberapa banyak informasi yang mampu kita himpun dan soal manfaat yang kita sadari.

3 thoughts on “Riba (?)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *